Tuesday 10 September 2013

Stand up comedy pertama gue?

Sebenarnya ini kisah waktu perpisahan SD gue. Jadi, ceritanya waktu itu perpisahan angkatan gue. Sebelum acara perpisahan itu dimulai, beberapa minggu sebelumnya gue dan teman-teman serta wali kelas gue mempersiapkan penampilan untuk acara itu. Kita dengan usulan masing-masing ngajuin itu semua ke wali kelas gue. Kata wali kelas gue jangan ada yang nge-dance-nge-dance gitu, karena acaranya jadi gabagus nanti. Siapa gitu waktu itu ngusulin "kenapa ga ada acara stand up comedy?" dan gue setuju sama usulan itu. Jadi, gue dan beberapa teman-teman menjadi sukarelawan pada penampilan stand up comedy nanti. Menurut gue, apa susahnya sih tinggal maju ke depan, berdiri, ngelawak, penonton pada ketawa, turun dari panggung? Selesai kan?

Ini cerita waktu gue latihan:

Kami pun berlatih untuk pementasan nanti hari demi hari. Semua penampilan sudah dibawakan saat latihan, kecuali 1, yep you're right. Stand up comedy! Gue dan teman-teman yang niatnya mau tampil stand up comedy pada ga berani maju. Ada yang belum dapat bahannya lah, takut ga lucu, bingung bawainnya kayak gimana, dsb. Melihat hal itu, wali kelas gue langsung sibuk sama laptopnya, nyari bahan buat stand up comedy! Gue pun yang saat itu sedang bingung juga dapat inisiatif untuk nyari bahan dari buku yang yang isinya lucu-lucu semua.

Bla bla bla. Apaan nih?! Masa gue udah bolak-balik halaman bukunya tapi masih ga ketemu bahan yang pas untuk dibawain nanti?! Sedangkan wali kelas gue udah nemu banyaaaaaakkkk banget bahan dari internet. Sampai nge-download video dari YouTube juga loh! Karena gue frustasi dengan bahan gue untuk tampil nanti yang belum ketemu juga, gue pun akhirnya minta kertas yang udah dicetak sama guru gue dan minta untuk diputer-in video stand up comedy dari TV! Aaahh.. Mau nyari di mana lagi coba?!

Hari demi hari berlalu. Hari H-nya tinggal sebentar lagi dan gue masih bingung mau bawa-in bahan apa buat nanti. Kertas yang dari guru gue? Gue udah baca semuanya tapi ga ada yang sreg untuk dibawain nanti! Sedangkan video stand up comedy itu gue tonton supaya gue tau konsep stand up comedy itu seperti apa! Aduuhh.. Stres 7 keliling ini yang ada! PR gue muncul lagi setelah UN yang melelahkan!

HARI BUAT LATIHANNYA TINGGAL HARI INI!!! AARRGGHHH...!!! Stres gue meningkat! Apa banget ini?! Kita pun latihan dari awal sampai akhir pada hari itu. Sedangkan gue dan bahan stand up comedy gue? HAHAHA belum gue siapin sama sekali! Gue udah nyari, mikir, dsb. di rumah kemarin tapi masih belum ketemu juga! Dammit. Mau nampilin apa lagi coba selain nyanyi?! Oh iya. Gue lupa ngasih tau. Sebenarnya sukarelawan untuk penampilan stand up comedy itu banyak. Tetapi, karena bingung duluan, jadilah yang tersisa tinggal 6 orang (kalau gasalah). Pada saat latihan, thank God! Ada waktu istirahat yang artinya gue bisa makan dan memikirkan apa yang harus gue bawain nanti! Gue pun bengong bak orang aneh selagi makan makanan ringan gue. "YES!" kata gue. "Aku tau mau bawain apa!" Yep, gue emang benar waktu itu. Gue tau mau bawain apa buat penampilan nanti. Bahan yang tadinya benar-benar ga ada, secara misterius langsung muncul gitu aja! Gue sudah punya plan nanti gue akan menampilkan '3 kebiasaan anak muda'. Yep. VICTORY MILIKKUUUUUUUU!!!!!!

Now. This is it. Hari ini hari H-nya. Kami pun berangkat dari tempat pertemuan ke tempat perpisahan yang terletak di..... di mana yeee? hehehe. Ya pokoknya ada lah di daerah mana gitu. Satu per satu acara pun telah dilaksanakan. Now. Kita makan dulu, trus kalau udah baru deh pementasannya. Pementasan pertama nyanyi, kemudian award-award-an, bla bla bla, lalu stand up comedy. Saat guru gue manggil yang ikut stand up comedy, gue pun maju. Gue memang ga bilang ke orang tua gue tentang gue ikut stand up comedy. Jadilah pas gue maju, bundaku dan ayahku bingung kenapa aku maju. Saat gue maju. Temen gue yang bernama Nisa pun memulai stand up duluan.Karena kita belum membuat plan untuk urutan yang majunya, terjadilah perdebatan siapa siapa dulu yang maju. Jadi, setelah teman gue, Nisa maju, kita pun bingung siapa yang harus maju selanjutnya. Oh iya, gue juga melakukan 'sesi pelatihan' dengan membawakan bahan gue. Jadi teman-teman dan wali kelas gue sudah mengetahui apa yang akan gue bawakan nanti. Karena menurut teman-teman penonton gue, gue memiliki penampilan lucu, jadilah gue teman-teman gue maksa supaya gue tampil belakangan. Ceritanya headliner-nya gitu (ngihiw). Tetapi, karena teman-teman yang membawakan stand up comedy pada gamau duluan, ya, gue gajadi headlinernya.

Gue akhirnya maju beberapa langkah dan teman-teman gue sesama sukarelawan stand up comedy berada di belakang. Gue membuka penampilan gue dengan mengucapkan "halo! Selamat malam! Nama saya Vanya, saya akan menampilkan........." Yep. Dan begitu seterusnya.

Ada satu hal yang menurut gue sangat lucu saat gue mempersembahkan bahan komedi gue. Kepala sekolah (kepsek) gue baru datang karena ada urusan. Beliau buka pintu aula tempat penampilan-penampilan diselenggarakan. Kemudian beliau langsung duduk dan nonton penampilan gue. Setelah gue selesai, beliau kelluar untuk makan malam. Muehuehuehehe.

Lanjut, gue masih mempersembahkan mahakarya gue yang gue dapat saat gue makan. Gatau kenapa, menurut gue biasa aja, apalagi gue orangnya ga lucu. Palingan heboh. Mungkin karena ekspresi gue yang sangat-sangat lebay (berlebihan) yang menurut gue akan menambah kesan lucu BERHASIL! Semuanya yang ada di ruangan itu ketawa sampai mengeluarkan air mata. Semuanya terhibur oleh bahan gue yang bener deh, ga lucu! Tapi gue senang. Sejujurnya, saat gue tampil itu, gue juga mikir "ini pada ketawa karena bahanku yang lucu atau karena akunya gajelas jadi pada ketawa". Tapi benar lho, gue bingung karena apa. Gue kan kalau ngomong ga jelas, udah gitu gue cadel R, ini semuanya pada ngerti ga sih? Tapi dengan itu, kepercayaan diri gue meningkat 1000% Yang tadinya gue gapernah senyum, sekarang jadi lumayan sering senyum, dsb.

Intinya: Apapun yang lo lakukan asalkan itu baik, pasti berhasil. Walaupun banyak rintangannya. Contohnya kayak tadi. Gue mau tampil tapi bahan belum ada. Gue yakin pasti bisa. Dan ternyata bisa, penonton pada ketawa. Good luck^^

0 comments:

Post a Comment